SWARA DELI




Jumat, 09 November 2012

Kripik Pancurbatu Masuk Pasar Korea

Keripik ubi produksi pengusaha di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, selama ini bukan hanya digemari konsumen lokal, tetapi juga di Korea.
“Sudah hampir tiga tahun terahir, keripik dari Deli Serdang masuk ke pasar Korea,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Deli Serdang Hartini Marpaung di Lubuk Pakam, Rabu.
Disebutkannya, keripik ubi atau singkong dari Deli Serdang yang mampu menembus pasar Korea tersebut merupakan hasil pengusaha di sentra produksi Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu.
Produk keripik ubi dari Desa Tuntungan II yang dipasarkan di Korea selama ini diberi nama keripik singkong kreasi “Lutfi”.
Proses produksi keripik itu saat ini melibatkan puluhan orang yang sebagian besar terdiri dari ibu rumah tangga.
Meski dari sisi volume ekspor diperkirakan masih relatif sedikit, menurut Hartini, permintaan pasar Korea terhadap keripik singkong Deli Serdang tersebut membuktikan bahwa produk usaha kecil menengah (IKM) Deli Serdang itu sudah “go international”.
Dia berharap kalangan perajin keripik di daerah itu agar terus berupaya meningkatkan kualitas dan tampilan produksi sekaligus memperluas pangsa pasar ke sejumlah negara lain.
Usaha keripik di Deli Serdang selama ini juga banyak dikembangkan di beberapa kecamatan lain di antaranya Patumbak, Tanjung Morawa dan Percut Sei Tuan.
Dalam upaya meningkatkan kinerja pelaku usaha IKM dan perajin di daerah itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat selama ini aktif melaksanakan program pembinaan dan pelatihan.
“Dekranasda Kabupaten Deli Serdang selama ini memang banyak berperan dalam program pemberdayaan IKM,” katanya.
Untuk lebih memperkenalkan produk IKM Deli Serdang, pihaknya selama ini selalu mengikutsertakan berbagai produk IKM dalam berbagai kegiatan pameran ke sejumlah daerah.
Sementara itu, Ketua Gabungan Eksportir Indonesia (GPEI) Sumatera Utara Khairul Mahalli membenarkan bahwa keripik produksi Deli Serdang dewasa sudah mampu menembus pasar luar negeri.
“Keripik ubi dari Deli Serdang sebenarnya sudah mulai banyak dipasarkan di beberapa negara ASEAN, terutama di Malaysia,” kata dia.
Kegiatan ekspor keripik ubi Deli Serdang ke Malaysia, menurut dia, merupakan salah satu dampak positif dari forum kerja sama ekonomi segi tiga utara antara Indonesia, Malaysia dan Thailand (IMT-GT).(a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar