SWARA DELI




Rabu, 05 Desember 2012

Simalungun Hataran Tidak Direkom, Chairuman Diharap



Kehendak masyarakat Simalungun yang menanti terbentuknya Kabupaten Simalungun Hataran, hingga kini belum terwujud. Sudah ada 19 Rancangan Undang-Undang (RUU) pembentukan 19 daerah otonom baru yang digarap Badan Legislasi (Baleg) DPR, namun Simalungun Hataran tidak masuk di dalamnya.
                                    Nah, pergantian pucuk pimpinan Sumut pada Juni 2013 mendatang, diharapkan membuka pintu bagi terwujudnya kabupaten yang ingin pisah dari Kabupaten Simalungun itu. Cagub dari Partai Golkar, Chairuman Harahap, diharapkan langsung meneken surat rekomendasi persetujuan Pemprov Sumut terhadap usulan pembentukan Kabupaten Simalungun Hataran itu, begitu nantinya terpilih menjadi gubernur Sumut.         
                                    Harapannya ada di tangan Chairuman, lantaran dia yang dianggap paham proses perjuangan pembentukan Kabupaten Simalungun Hataran itu. Ini lantaran Chairuman merupakan mantan Komisi II DPR, sebagai komisi yang mengurusi soal pemekaran.
"Kita harapkan, begitu Pak Chairuman nantinya terpilih, dan mudah-mudahan terpilih, maka PR (pekerjaan rumah, red) dihari pertamanya menjadi gubernur adalah menandatangani surat persetujuan pembentukan Kabupaten Simalungun Hataran untuk diteruskan ke pemerintah pusat," ujar Ketua DPRD Simalungun, Binton Tindaon, saat dihubungi,kemarin.
Dijelaskan, hambatan terbentuknya Kabupaten Simalungun Hataran karena belum adanya rekomendsi dari Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Bukan salah Gatot, tapi karena statusnya sebagai Plt gubernur, tidak boleh meneken rekomendasi usulan pemekaran. "Rekomendasi harus diteken gubernur definitif," ujar Binton.
Binton merupakan salah satu tokoh yang terus mendorong terbentuknya calon kabupaten anyar itu. Pada 23 Februari 2012 silam, dia memimpin delegasi DPRD Simalungun menemui Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar, mendesak agar Simalungun Hataran segera disahkan menjadi kabupaten baru.
Dikatakan Binton, kepada Chairuman juga sudah disampaikan kehendak tersebut dalam sebuah acara semintar di Pematangsiantar pada 29 Nopember 2012. "Di situ kami sampaikan dan beliau menyatakan siap jika itu memang kehendak masyarakat. Beliau juga menyatakan, Simalungun Hataran memang layak menjadi daerah otonom," ujar Tindon, politisi dari Partai Golkar itu.
Kesanggupan Chairuman memuluskan aspirasi terbentuknya Kabupaten Simalungun Hataran itu, lanjut Binton, akan dijadikan salah satu isu yang akan disampaikan ke masyarakat di masa kampanye pilgub Sumut nanti. "Sebagai tim kampanye, kami berharap masyarakat Simalungun juga memberikan dukungan ke pasangan Chairuman-Fadli Nurzal," cetus Tindon.
Bagaimana jika yang menang calon lain? Tindon mengatakan, pihaknya harus optimistis. Namun, jika ternyata calon lain yang menang, Tindon mengaku akan tetap mendesak agar gubernur Sumut yang baru meneken rekomendasi persetujuan pembentukan Kabupaten Simalungun Hataran. (j)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar