SWARA DELI




Minggu, 21 Oktober 2012

Pemkab Deli Serdang Bangun Jembatan Lintas Kabupaten/Kota




Letak geografis Kabupaten Deli Serdang yang sangat strategis, di samping daerah yang memiliki luas wilayah terbesar dalam kawasan perkotaan Mebidangro (Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo), juga merupakan wilayah lokasi Bandara Kuala Namu sebagai Bandara Internasional terbesar kedua di Indonesia, mengharuskan Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan tidak hanya memikirkan pembangunan di wilayah Deli Serdang saja, tetapi juga memikirkan apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas lintas kabupaten/kota.
Kadis Infokom Deli Serdang Drs Neken Ketaren dan Kepala Bappeda Ir H Irman MSi ketika berbincang-bincang dengan wartawan belum lama ini menyebutkan, bahwa selama memimpin Deli Serdang, Bupati H Amri Tambunan tidak hanya sebatas memikirkan percepatan pembangunan di daerahnya saja, tetapi lebih dari itu hingga berupaya meningkatkan aksesibilitas lintas kabupaten kota yang mengelilingi Kabupaten Deli Serdang.
Menurut Neken Ketaren, hal ini tentu saja cukup beralasan, mengingat wilayah Kabupaten Deli Serdang yang mengelilingi Kota Medan sebagai pusat pemerintahan Sumatera Utara, cepat atau lambat akan menjadi daerah yang sangat sibuk dengan berbagai aktivitas masyarakat, karena terletak di perlintasan kabupaten/kota di wilayah pantai Timur Sumatera.
Salah satu langkah yang ditempuh untuk merealisasi hal tersebut, adalah dengan mencanangkan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu pilar penting pembangunan Deli Serdang selain pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan.
Ketaren menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur jaringan jalan lintas kabupaten/kota akan menjadi sebuah terobosan penting yang dapat meningkatkan denyut nadi perekonomian, bukan saja hanya di wilayah Mebidangro dan sekitarnya, tetapi juga berdampak luas terhadap kabupaten/kota lainnya di Sumut.
Kepala Bappeda Deli Serdang Ir H Irman MSi, menjelaskan bahwa salah satu langkah yang telah dilakukan Pemkab Deli Serdang untuk meningkatkan aksesibilitas lintas kabupaten/kota adalah dengan membangun beberapa ruas jalan dan jembatan di beberapa titik strategis. Tujuannya adalah untuk menghubungkan beberapa kawasan bernilai ekonomi tinggi di Sumut, termasuk mendukung akses dari dan ke Bandara Kuala Namu.
Menurut Irman, beberapa ruas jalan dan jembatan yang dibangun antara lain pembangunan jalan susur pantai yang menghubungkan Langkat-Deli Serdang-Medan-Serdang Bedagai, sekaligus sebagai akses menuju Bandara Kuala Namu. Jalan ini nantinya diharapkan akan dapat menghubungkan wilayah-wilayah kabupaten/kota di sepanjang pantai Timur serta memacu pertumbuhan ekonomi wilayah pesisir yang selama ini kerap tidak tersentuh pembangunan.
Pembangunan jembatan yang menghubungkan Denai Kuala Kecamatan Pantai Labu (Deli Serdang) dengan Kota Pari (Serdang Bedagai) sepanjang 258 m  dan lebar 6 m yang dananya bersumber murni dari APBD Deli Serdang. Jembatan ini di samping bagian dari jalan susur pantai, juga merupakan salah satu alternatif untuk kawasan wisata Pantai Cermin di Serdang Bedagai.
Kemudian pembangunan ruas jalan Meteorologi – Lau Dendang - Batang Kuis  sebagai salah satu jalan lingkar luar dari dan menuju Kota Medan, di samping alternatif akses Bandara Kualanamu, serta pembangunan jalan Kutalimbaru-Langkat yang akan menjadi jalan alternatif lingkar Selatan dari arah Kota Medan.
Selain itu, pembangunan jalan sejajar Medan-Sibolangit-Tanah Karo serta pembangunan jalan Bangun Purba-Tiga Juhar-Liang Pematang-Tiga Panah (Kabupaten Karo). Jalan ini di samping akan menjadi jalan alternatif kabupaten/kota di wilayah pantai Barat, juga akan menjadi alternatif jalan untuk menuju kawasan wisata di Kabupaten Karo dan kabupaten/kota di wilayah pantai Barat.
Irman menjelaskan bahwa selain pembangunan jalan-jalan tersebut di atas, Pemkab Deli Serdang secara aktif berkoordinasi untuk percepatan pembangunan jalan sejajar Medan-Binjai serta jalan Tanjung Morawa-Seribu Dolok-Tongging yang realisasinya sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.
Kesemuanya itu merupakan sumbangsih Pemkab Deli Serdang untuk kemajuan Provinsi Sumatera Utara agar dapat bangkit dan tumbuh menjadi Provinsi yang lebih mandiri, maju dan sejahtera di masa mendatang, ujar Ir H Irman. (jfg).-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar