SWARA DELI




Selasa, 23 Oktober 2012

Sumut Agar Siapkan Dana Untuk Saham Inalum

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan 10 kabupaten/kota di sekitar kawasan Danau Toba diharapkan dapat mengumpulkan dana untuk memiliki saham di PT Indonesia Asahan Aluminium yang akan diambil alih pada 2013.
“Pemprov Sumut harus mengoordinasikan itu,” kata Ketua DPRD Sumut Saleh Bangun di Medan, di Medan, Selasa.
Menurut dia, Pemprov Sumut dan 10 kabupaten/kota di sekitar kawasan Danau Toba harus memiliki persiapan agar memiliki saham dalam pengelolaan PT PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang akan diambil alih pemerintah.
Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah penyiapan dana untuk mendapatkan saham di perusahaan peleburan aluminium yang berada di Kabupaten Batubara tersebut.
Selain untuk memperbesar peluang kepemilikan saham, penyiapan dana tersebut juga diperlukan untuk menentukan besaran saham yang dimiliki dalam pengelolaan Inalum nantinya.
“Jadi, (sahamnya) tidak harus sama. Siapa yang lebih banyak (menyiapkan dana), dia yang lebih besar (mendapatkan saham),” katanya.
Ia mengatakan, kepemilikan saham dalam pengelolaan Inalum tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan pembangunan di Sumut dan 10 kabupaten/kota di sekitar kawasan Danau Toba.
Secara institusi, pihaknya telah membentuk panitia khusus (Pansus) untuk membantu Pemprov Sumut dan 10 kabupaten/kota di sekitar kawasan Danau Toba dalam mendapatkan saham tersebut.
“Kita membentuk pansus supaya mendapatkan saham,” kata politisi Partai Demokrat itu.
Menurut catatan, pemerintah akan mengambil alih operasional PT Inalum pada 2013 dari konsorsium perusahaan Jepang yang tergabung dalam Nippon Asahan Aluminium (NAA).
Atas rencana itu, Pemprov Sumut dan 10 kabupaten/kota di sekitar kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Simalungun, Karo, Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Asahan, Batubara, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Kota Tanjung Balai berupaya mendapatkan saham.(A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar