SWARA DELI




Jumat, 26 Oktober 2012

Ribuan Umat Muslim Sholad Idul Adha di Lubuk Pakam

 Ribuan umat muslim di Lubuk Pakam Deli Serdang dan sekitarnya melaksanakan Sholad Idul Adha 1433 H/Tahun 2012, Jumat (26/10) di Lapangan Segitiga Lubuk Pakam, yang diikuti Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan beserta keluarga, Wabup H Zainuddin

Mars beserta keluarga, Kapolres Deli Serdang AKBP Wawan Munawar, Staf Ahli, para Asisten, pimpinan SKPD, Kabag, Muspika Kecamatan Lubuk Pakam.Bertindak sebagai Imam yakni Qori dan Hafis Quran Sumut H Adenan Haris SAg dan sebagai khatib dari Pimpinan Majelis Taklim Sumut H Syamsudin Nur Sirait SAg, MPd. Dalam khutbahnya antara lain mengatakan ibadah Haji adalah pengorbanan terbesar dalam Islam, merupakan manifestasi ketundukan/ketaatan kepada Allah SWT yang memberikan fasilitas istimewa bagi orang-orang yang  melaksanakan ibadah Haji dengan niat yang lurus, hati yang bersih, pengorbanan, segala kesulitan yang dialami serta ibadah yang dilaksanakan dengan iklas yaitu, diampunkan dosanya dan dosa orang-orang yang dimohonkan, dikabulkan do’anya dan orang-orang yang dido’akannya.
Orang-orang yang mengerjakan Ibadah Haji menurut pandangan ilmu Tasawuf ketika irham adalah mematikan diri sebelum mati,memandikan diri sebelum dimandikan, memberi wangi-wangian sebelum dikafani, shalat sunnah irham sebelum dishalatkan dan berkumpul di Arafah seumpama berkumpulnya manusia nanti di padang mahsyar, karena arafah adalah maniatur padang masyar.
Syamsudin Nur Sirait juga menjelaskan bahwa peristiwa pelaksanaan qurban yang merupakan bukti kepatuhan/ketaatan dalam menjalankan perintah Allah SWT, mengorbankan ego (kepentingan diri sendiri) demi untuk memenuhi tugas atau pengabdian kepada Allah SWT, adalah makna hakiki demi unsur-unsur kesabaran. Seorang Ayah menyembelih anaknya sendiri, seorang ibu mengizinkan dan menyerahkan putranya sendiri untuk disembelih, Ismail sendiri seorang anak yang menyerahkan nyawanya untuk disembelih.Di balik kisah ini ada hikmah yang sungguh sangat luar biasa yang selayaknya kita jadikan panutan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai upaya untuk meraih kesejahteraan dunia dan akhirat, ujarnya.
Usai melaksanakan Sholad Idul Adha dilanjutkan dengan  pelaksanaan penyembelihan 14 ekor hewan lembu Qurban di Kompleks Kantor Bupati Deli Serdang, serta open house di rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang.

Pemkab Sembelih 14 Ekor Hewan Lembu
            Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengurbankan 14 ekor hewan lembu pada Idul Adha 1433 H tahun ini. Penyembelihan qurban tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Deli Serdang di Lubuk Pakam usai sholat Idul Adha.Kabag Kemasyarakatan Setdakab M Taher Siagian didampingi staf Drs H Kholiluddin  Harahap menjelaskan Pemkab Deli Serdang melakukan penyembelihan  hewan qurban  di pelataran parkir Kantor Bupati.  Menurutnya, selain hewan Qurban dari Bupati Deli Serdang Drs H Amri Tambunan, panitia juga menyembelih 13 ekor lainnya yang berasal dari Wabup H Zainuddin Mars beserta  jajaran PNS di lingkungan Pemkab Deli Serdang. (jf).-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar