SWARA DELI




Minggu, 11 November 2012

Soekirman Jadi Cawagub Bukan Ondim




Hingga Minggu (11/11) petang, Majelis Tinggi Partai Demokrat belum juga menetapkan nama cagub yang akan diusung di pilgub Sumut 2013. Meski demikian, untuk partai yang akan diajak koalisi, Partai Demokrat sudah memastikan diri bergandengan dengan Partai Amanat Nasional (PAN).
Partai rintisan Amien Rais itu dijatah posisi calon wakil gubernur (cawagub). Hanya saja, posisi cawagub ini bukan untuk Ketua DPW PAN Sumut, Syah Affandin alias Ondim.
Seperti yang sudah digadang jauh hari, Ketua DPD PAN Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman, diplot menjadi cawagub. Jadi, siapa pun nantinya cagubnya dari Demokrat, wakil bupati Sergai itu menjadi cawagub.
Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Jhony Allen Marbun  kemarin petang. "Kita berkoalisi dengan PAN," tegas Jhony Allen Marbun.
Tetap Soekirman? Menjawab pertanyaan tersebut, pria yang akrab dipanggil JAM itu menjawab," Kurang lebih begitu."
Sementara, untuk posisi cagub, Jhony memastikan bahwa partainya menutup pintu bagi kandidat non kader. "Kita ajukan kader (untuk posisi cagub, red)," tegas JAM. Dia mengatakan hal tersebut saat dikonfirmasi mengenai ada tidaknya peluang Gus Irawan maju sebagai cagub diusung Demokrat. Pasalnya, rumors beredar Gus Irawan menggalang lobi petinggi Demokrat.
Mengenai kandidat cagub, JAM menjelaskan, akan diambilkan satu dari tiga nama yang sudah dikantongi Majelis Tinggi, yakni Cornel Simbolon, Sutan Bathoegana, dan Amri Tambunan. Dia katakan, dalam satu dua hari ke depan, Majelis Tinggi sudah menetapkan satu nama.
Terkait koalisi dengan PAN, sebelumnya Juru Bicara DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengakui, partainya memang sudah diajak bicara Demokrat.
DPP PAN pun memberi lampu hijau atas tawaran itu. Pasalnya, kata Bima Arya, DPP PAN juga sudah menerima masukan dan data hasil survei yang menunjukkan Soekirman punya tingkat elektabilitas yang lumayan bagus.
Bima yang menyebut bahwa perkoalisian di pilgub akan mempertimbangkan faktor kedekatan partai, sekaligus untuk kepentingan pemilu dan pilpres 2014. "Kita juga juga hitung-hitungan faktor politis, faktor chemistry dan untuk kepentingan 2014," ujarnya kepada koran ini pertengahan bulan lalu. Faktor lain adalah hasil survei dan masukan pengurus DPW dan DPD PAN di Sumut. (j)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar